Enakbagetsport’s Blog
Just another WordPress.com weblog

(CIRCUIT TRAINING)

(CIRCUIT TRAINING)

Circuit training adalah suatu sisrtim latiham yang dapat memperbauiki secara serempak fitness keseluruhan dari tubuh,yitu unsure power,daya tahan,kekuatan,kelincahan,kecepatan, dan lain-lain.

PROGRAM LATIHAN SIRKUIT

Program latihan sirkuit harus direncankan sedemikian rupa sehinga latihan yangdimaksudkan mengenai sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai sesuai cabang olahraga yang dimaksud. Program l;atihan yang dikemukan oleh E.l.Fok dilakukan dengan 6 – 15 Stasiun tempat latihan.Satu latihan dlam satu stasiun diselesaikan dalam dalam 30 detik.Satu serkuit diselesaikan antra 5 – 20 menit,dengan waktu istirahat tiap stasiun adalah 15 – 20 detik.Tentang jumlah frekwensi 3 x perminggu dengan lama latihan sekurang-kurang nya 6 minggu.

PROGRAM LATIHAN SIRKUIT

UNTUK CABANG ATLETIK LOMPAT JAUH.

A. Lama Latihan : 6 Minggu

B. Frekwensi : 3 x Perminggu

C. Sirkuit : 2( Sirkuit A. Dan B) masing 6 Stasiun/Pos

D. Waktu tiap sirkuit : Sirkuit 30 Menit

E. Jumlah Waktu :Sirkuit A danc 22,5Menit sirkuit B 30 Menit

F. Beban : 75 – 90 % dari beban maksimal

G. Repetisi : Sebanyak-banyaknya dalam 30 detik untuk sirkuit A , dan B: 12 – 15 kali dalam 30 detik

H. Istirahat : 15 detik antara stasiun 1 dengan berikutnya.

I) SIRKUIT .A

a) POS 1 ; Walbar Hang

b)POS 2 : Perengamang Punggung/ Angkat Bola medicine

c)POS 3 :Medicine Ball Pick up/ Menggkat bola dengan kaki ayun ke atas

d)POS 4 :Sit up dengan bola medicine

e) POS 5 :Latihan angkat tumit dengan duduk

f)POS 6 : Latihan Split Clean (Angkat barbell selebar bahu bersamaan kaki lompat )

II) SERKUIT B .

a) POS 1 ; Latihan Lompat lompat dengan barbel

b) POS 2 : Latihan Clean and jerk

c) POS 3 : Latihan Lompat berbeban

d) POS 4 : Latihan Step ups membawa berbel

e) POS 5 : Latihan Lompat Jongkok

f) POS 6 : Latihan jonkok kankang ( Jongkok diatas dua bangku mengakat beban) SIRKUIT A SIRKUIT B

Ditulis

oleh Nur Edi Setiyono

Guru Penjasorkes MTs Kebumen 1

About these ads

5 Tanggapan to “(CIRCUIT TRAINING)”

  1. hai mas Nur edi, salam kenal ya.
    Prongram Circuitnya sangat bagus, lebih bagus lagi kalau ada contoh gambarnya……..

  2. bravo atletik indonesia,,masih ada yg kurang artikelnya,,latihan daya tahan nya blm ada,,trims

  3. mksh mas tgs saya jadi tertolong,, tapi lebih baik kalau ada gambar, penjelasan, cara memperagakan dan maksud dari kerja tiap pos..
    tetap tulis hal yang bermanfaat ya, thanks.
    SISWA MAN Model PALANGKARAYA

  4. slmat siang mas,salam kenal.
    mas,kalau bisa tolong di perjelas secara mendetail tentang latihan sircuit training. kalau bisa minta nomor hp untuk berbagi informasi,kebetulan saya sedang menyusun skripsi yg berkaitan dengan sircuit training

    • salam kenal juga jengan bisa buka buku literatur.. pembinaaan kondisi fisik m. sanjoto. cet. ikip semarang… disitu dijelasakn secar terperinci… oke….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: